Hasil Review Materi Komunikasi Massa
Sebagai tugas pertama mata kuliah 'Komunikasi Massa'
Di sini saya
akan mereview materi yang saya dapatkan dari mata kuliah Komunikasi Massa
selama perkuliahan 3 kali pertemuan (3 minggu) yang telah dijelaskan oleh Dosen
saya pak Yearry Panji S, Ph.D. Lalu yang akan saya review tentang Komunikasi
Massa adalah apa itu Komunikasi? Apa itu Massa? Dan apa itu Komunikasi Massa
dan teori-teori nya?
Pertama, apa
yang ada di benak kalian jika mendengar kata “Komunikasi”? Pasti kebanyakan
jawaban kalian adalah 2 orang yang sedang berinteraksi. Untuk lebih jelasnya
pengertian Komunikasi sendiri adalah kegiatan penyampaian pesan oleh
komunikator kepada komunikan melalui media tertentu dengan diharapkan adanya
feedback. Dalam komunikasi massa, feedback (timbal balik) biasanya tidak
langsung dirasakan oleh komunikator, bisa jadi timbal balik yang dilakukan oleh
komunikan lebih lambat.
Kedua, yang
akan saya bahas adalah “Massa”, massa dapat diartikan sebagai jumlah orang yang
banyak, dan tersebar dalam beberapa lokasi, tidak harus di lokasi yang sama. Massa juga berarti khalayak yang banyak yang
akan dijadikan sasaran pelaku komunikasi massa.
Ketiga,
gabungan dari kedua kata yang sudah saya bahas “Komunikasi” dan “Massa” menjadi
“Komunikasi Massa”. Setelah dosen saya menjelaskan secara detail pada
perkuliahan saya akhirnya mengerti bahwa komunikasi massa adalah komunikasi
yang ditujukan kepada khalayak melalui media komunikasi oleh suatu lembaga. Lembaga
nya siapa? Yaitu lembaga yang membuat suatu pesan dan menginginkan pesan
tersebut sampai kepada khalayak. Yang khas dalam komunikasi massa adalah komunikator
nya terlembaga, pesan yang bersifat massal, khalayak heterogen dan delayed
feedback (timbal balik nya tidak langsung dirasakan oleh komunikator).
Keempat,
yang akan saya bahas yaitu mengenai “Media”. Arti sederhana dari media adalah
perantara. Berdasarkan penjelasan dosen saya, media terbagi dalam 3 bentuk,
yaitu;
- Medium = perantara. Bahwa semua manusia berkomunikasi dengan perantaranya yaitu bahasa.
- Media = sosiotechnology. Bahwa media dalam kontak sosial, media identik dengan gadgetnya. Segala bentuk komunikasi yang menggunakan perantara.
- Media massa = perantara pesan yang disampaikan lebih bersifat kepada khalayak.
Setelah penjelasan tersebut saya dapat membedakan media
dengan media massa, jika media adalah perantara pesan yang sampai pada individu
melalui media yang ada. Kalau media massa adalah perantara pesan yang sampai
kepada khalayak banyak, seperti koran dan berita di Televisi. Lalu apakah
broadcast message yang kita dapatkan dari media sosial dan koran online itu
termasuk media massa? Menurut penjelasan, kedua hal itu dinamakan Mediated
Communication.
Kemudian saya akan menjelaskan tentang apa itu Teori. Dosen saya mengatakan bahwa teori adalah serangkaian penjelasan tentang suatu fenomena. sedangkan menurut Turner (1998), teori adalah cerita tentang bagaimana dan mengapa kejadian terjadi. Pengertian tersebut ada di dalam buku 'Mass Communication by Theory Baran and Davis'.
Selanjutnya saya akan membahas mengenai Teori Komunikasi
Massa menurut e-book 'Mass Communication by Theory Baran and Davis', teori
komunikasi terdiri dari Pospositivist Theory, Hermeneutic Theory, Critical
Theory dan Normative Theory.
Teori Pospositivist adalah teori yang lahir berdasarkan
pengalaman manusia dan diteliti oleh para ahli atau dapat juga diartikan
sebagai pandangan tentang ilmu sosial yang meminjam dengan ilmu alam dan
mengedepankan objektivitas. Lalu Teori Hermeneutik adalah upaya memahami tindakan
manusia dan artefaknya, Ada berbagai bentuk teori hermeneutik, yaitu
hermeneutika sosial. Kemudian yang ketiga, Teori Kritis adalah berupaya untuk
berubah keadaannya atau lebih dari mengobservasi tapi juga mengkritisi. Yang terakhir,
Teori Normatif adalah teori ini menjelaskan bagaimana sistem media harus
beroperasi. Media diharapkan memberikan berita yang sesuai dengan harapan
massa.
Jadi, kesimpulan saya mengenai ‘Komunikasi Massa’ adalah
bahwa komunikasi tidak hanya dapat dilakukan 2 orang atau lebih saja, tetapi
dapat dilakukan kepada khalayak banyak menggunakan media tertentu demi
tercapainya pesan tersebut. Selain itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok
antara media dengan media massa, jika media adalah perantara yang dimiliki oleh
individu, sedangkan media massa adalah perantara yang dipakai untuk
menyampaikan pesan kepada khalayak. Berikut hasil review saya tentang materi 'Komunikasi Massa'.
Komentar
Posting Komentar